Sabtu, 23 Juni 2012

Arti sebuah nama panggilan

blog anak smp with template HTML5 version with feature like magazine style, ads ready and seo friendly template blog
Arti sebuah nama panggilan di negeri Indonesia yang kaya akan beragam budaya dan suku cukup variatif. Ada Opung, pakdhe, bulik, tulang, simbah, eyang,uda,uni,mas,mbak, abang, paman, pak liek,akang, teteh dan sebagainya.

Pujangga William Saksekarepedewe berkata: apalah arti sebuah nama
Ya ada artinya; minimal kalau mau membuat KTP saja ditanya namanya siapa; kalau tidak punya nama, susah to jawabnya?

Arti sebuah nama panggilan versi satpam anak smpku dalam bersosialisasi di dunia maya, ada 4 macam, sesuai dengan ensiklopedia katromologi #glunthang

1. Nama panggilan Mas atau Mbak
Sebagai orang yang terlahir dan dibesarkan di Bumi Jawa, Mas dan mbak digunakan untuk panggilan orang yang usianya lebih dewasa dari inyong.
Misalnya Mas Munir Ardi, Mas Ipien, Mbak Nura, Mas Avip terus Mas Habe7, Mas Alie Buwel, Mas Iskaruji dan bahkan Mas Hartohadi yang saya tahu pasti beliau sudah memiliki cucu, tetap saja saya panggil 'Mas'.

Hal itu diadopsi dari unggah ungguh atau adab dari adat istiadat yang berlaku di lingkungan tempat tinggalku. Masalahnya, pakdeku saja sudah punya cucu yang usianya lebih tua dari inyong.
 Dari garis keturunan otomatis inyong dipanggil Om, meskipun umurnya 10th lebih muda daripada yang memanggil  :D

2. Nama panggilan Kang, Akang, Bang atau Kangmas
Kang; dalam terminologi Jawa kalangan tertentu sebenarnya dianggap kurang pas. Kalau adab jawa dari simbok memang mengajarkan lebih sopan dengan menggunakan panggillan mas atau kangmas untuk orang yang usianya agak jauh lebih tua. Misalnya Kangmas Pakies dan Kangmas HB Seven bin Abi Fajar
Entahlah, wong inyong biasa nongkrong sama kalangan orang marginal, jadi ya lebih nyaman saja kalau dipanggil atau memanggil dengan kata itu. 'Kang' adalah nama panggilan yang  jauh lebih friendly dirasa :)

Nama panggilan kang, hampir sama dengan poin pertama dan kadang diriku pakai juga untuk blogger yang usianya setara. Kadang diriku sesuaikan asalnya, misalnya Cak Tomo, Cak Muji, Cak Hadi atau Brow untuk Mas Axrom sama si Moenas.
Sobat atau kawan adalah nama panggilan yang sekarang agak sering diriku gunakan untuk menyapa kawan baru maupun kawan lama.

Kalau Akang biasanya untuk panggilan ke blogger dari West Java, bloggernya udah lama pada hiatus seperti Akang Enes, Akang Insan dan Akang Amuys. Untuk yang dari luar Jawa kadang-kadang menggunakan sebutan 'Bang' Attayaya, Bang Iwan ; tapi untuk yang lain kadang-kadang menggunakan sebutan di Nomor 1.

3. Panggilan Pak dan Mbah
Pak, hanya diriku gunakan untuk memanggil Pak Tejo dan Pak Ferdinand DJ. Ini adalah nama panggilan yang di luar undang-undang adat di dunia nyata, sehingga kadang rancu bagi sebagian sahabat blogger untuk membayangkan umur diriku dan orang yang dipanggil wkwkwkkwk
candi borobudur, iki foto candi borobudur
Sebutan panggilan Pak,  diawali dari Pak Tejo sama Pak Ferdinand, hal itu  pernah diriku gunakan sebagai bahasa gaul di lingkungan kos sewaktu masih menjadi gelandangan terselubung di dekat stasiun radio lokal  di Semarang Selatan. Pak Tejo lagi sibuk skripsi sehingga lama tidak update, atau mungkin lagi sibuk nyari bibit kurma #gubrak
Sebutan pak juga familiar dari panggilan teman kecilku yang pernah lumayan lama menginap di daerah yang banyak pasirnya hehehe

Nama Panggilan Mbah tergantung keadaan; kalau dipanggil mbah, maka diriku panggil balik mbah juga..
Terutama Mbah Wisata Murah, dilihat dari profil bloggernya  maka dialah blogger tertua di Indonesia atau di dunia malah, usianya kurang lebih sekitar 1500 tahun. Tidak percayakah dirimu? Lha itu, blogger profilnya kan foto Candi Borobudur  :lol: .. kabooor

Demikianlah beberapa 'arti  nama panggilan' berdasarkan ensiklopedia katromologi, yang hanya berlaku untuk diriku. Semoga bisa dimaklumi  kemudian dihayati  demi kemakmuran negeri ini..  #halah
sudahlah makin panjang semakin ngelantur isi postingnya.. :))

(image dicolong dari avatar profil blogger tips wisata murah)

18 komentar:

Wisata Murah mengatakan...

hahahaha. brok brok brok, gubrak....

sumprit ane baca absen dari atas mau protes. la wong bagi bagi raskin kok namaku ga dipanggil. le moco nganti ngilu. ga tahune mak bedunduk gambare simbah mbah reco pentung nonggol neng ngisor. wek kek kek.. met akhir pekan mabh. nice sgare

Neno mengatakan...

hii blogwalking, wah ane baru tau gan nice post

ditunggu kunjungan baliknya :D


About Microsoft Surface Tablet or weird and news

Djangan Pakies mengatakan...

hahahaha ngakak ngguling, Mbah WIsata murah usianya 1500 tahun. Masuk akal juga atas dasar PP.

Kalo saya di Blitar, dipanggil pak ies, kalo lagi pulang kampung di lereng semeru, banyak yang manggil Cak. Bahkan ada yang manggil Embah kakung, soale anak dari sepupu ponakan Bapak satu buyut sudah punya cucu. halah mumet #gubrak njungkel

admin mengatakan...

@mbah wisata: kan survey membuktikan mbah hehehe
@neno: :D
@kangmas Pakies: sami kangmas, cucu pakde kulo itu juga dah punya anak usia sd, ketularan di panggil mbah kakung beneran :))

orang jaman dulu kadosipun sodara kandungnya puluhan, kalo ortu anak bontot biasanya kesalip xixixi;

Cerita Dewasa mengatakan...

kalo aku seringe dipanggil gan mas. Hehe

dan salut wat wisata murah, moga panjang umur..

Harun Ar mengatakan...

wah wah wah ketawa sendirian aku di sini.... hhe

moenas mengatakan...

kalau saya sih biasanya manggil pake istilah browww xixixixi..

Cak Tomo mengatakan...

orang jawa ya panggilannya mas, mbak, kang, cak
tapi kalau orang di luar jatim lain lagi
menurutku kesemua sama saja artinya cuma lain lalang lain belalang cak

kalau kang moenas itu manggilnya pake
pastilah orang jawa tengah ya kang
Pake, mbake dan sebagainya
Terkadang malah lucu juga terdengarnya menurutku hehe

moenas mengatakan...

wkwkwwkw kalau yang baru dengar emang suka lucu atau rada aneh kedengarannya tapi lama2 jadi terbiasa n banyak yg pada ikutan kok

cerita anak kost mengatakan...

wahhhh... konyol juga, pembahasannya menarik membahas hal yang sederhana. khas ngapak dengan kata inyong... pripun rika kabare, deneng ora mulih mulih, kepriben? heheh.

klo cak, itu biasanya pangilan untuk yang lebih tua, tapi di daerah timur. seperti surabaya, klo purwokertoan, biasanya, mamas... heheh, pangilan sayang juga. klo sunda, aa.

anak smpku mengatakan...

@bang harun: hati-hati bang, kalau ketawa sendirian jangan sampai ketahuan tetangga hehehe
@moenas: oce browwww
@cak tomo: brow moenas orang jakarte asli kayane cak,
bener cak, lain kandang lain pula kelincinya :D
@anak kost: alhamdulillaah baik,
inyong lagi gawe kandhang maning, isih pating mblarah kiye kayune, ngeteh panas karo gedang godog nyamleng tenan mbokan .. #udah miripkan wkwkwkkwk

rahasiablog mengatakan...

kalo ucok, artinya apa pals?

anak smpku mengatakan...

@cerita dew: gan, trending di kaskus ya mas hihihi.. ikut juga sih kadang2 :D
@rahasiablog: ucok nama temen kost yang suka bangunin sahur ane kalo bulan puasa, seperti ujang kalo untuk bahasa sunda kali :D

Muhammad A Vip mengatakan...

ada panggulan kang, ada juga panggilan kong. yang ini di jakarta, biasanya kalo manggil kakek kakek pakai kong. di jawa ada juga kung (mbah kakung)

Dadi Heryana mengatakan...

banyak juga ya panggilan di jawa. kalau sunda juga nggak kalah banyak nya. ada teteh, aa, akang, aki, nini, dsb. he he.

Wisata Murah mengatakan...

xixixixixxi. kuwi di gawe skdurunge diponegoro memang. hahahahaha. aku njuk kepancing bali mrene maneh to.

teh imas mengatakan...

Hai Kang..
jujur waktu dulu saya kira orang Jawa cuma make Mas doang.. hehe (ga gaul saya)
kebetulan saya orang Serang dan Serang juga berbahasa Jawa tapi dialeknya ya Serang hehe... sama juga kalo manggil pake Kakang/Kang malah ga da yang pake Mas (kalo wong Banten asli kaka-adik)

asli, kalo ke Serang jangan bingung walau pake bahasa Jawa medok logat Serang dan manggil Kang juga, jangan pake Mbakyu kalo ma cewe.. panggil Teteh coz Jawa Serang tak ada istilah Mbakyu/Yayu/Mbak... rada aneh dan ga umum.

padahal orang Jawa Serang sendiri yang aneh hehehe

supleman kuat sex mengatakan...

bsgi berbagai suku yang banyak hal itu sangatlah berarti karena keunikannya,

Posting Komentar

terimakasih sudah mampir di blog cerita anaksmpku :)

Update Info Buku Gratis

BANK SOAL UN SMP SMU

Followers